News!
Loading...

Pages

11 Oktober 2015

3 MASALAH UPDATE BMN 15.1.2 DAN PSEDIA 15.1.1 UNTUK MTsN AMAWANG

Akhirnya BMN 15.1.2 dan Psedia 15.1.1 bukan menyelesaikan masalah bagi MTsN Amawang, bahkan menambah masalah baru, yaitu:
1. Belanja Modal Peralatan dan Mesin yang menghasilkan aset tetap lainnya.
Merupakan masalah lama yang masih belum teratasi jua dengan hadirnya update BMN terbaru, apakah mungkin tidak sesuai dengan jurnal jika belanja modal peralatan dan mesin digunakan untuk menghasilkan aset tetap lainnya, karena pada dasarnya belanja modal peralatan dan mesin menghasilkan aset peralatan dan mesin sesuai dengan jurnal pasti tidak bermasalah.
Gambar Kronologi Kejadian di TKP:
--Jurnal Pengiriman BMN
 
dari jurnal memang aset tetap lainnya berpasangan dengan aset lainnya belum diregester, tapi disini
pada kenyataan yang sebenarnya belanja modal  Peralatan dan Mesin menghasilkan aset tetap lainnya, bukan belanja modal aset lainnya.
--Hasilnya pada Neraca Saiba versi 2.5
Aset tetap lainnya memang bertambah aset sejumlah 17.760.000, Peralatan dan Mesin belum diregester masih belum hilang sejumlah 17.760.000, dan menimbulkan aset lainnya belum diregester sejumlah (17.760.000) sebagai kreditnya bukan Peralatan dan Mesin belum diregester.

2. Pengembangan KDP 
Perekaman Pengembangan aset  KDP tidak bisa disimpan dengan BMN 15.1.2.
Gambar Kronologi Kejadian di TKP:
3. Untuk Persediaan Belum Register 521813 (Pembelian Materai)
Setelah menggunakan persediaan update 15.1.1 jurnal untuk pemakaian materai berubah dari K01 (pemakaian)  menjadi K09 (Penyerahan Kepada masyarakat), akibatnya minus pada setelah dilakukan penerimaan pada BMN 15.1.2 Karena jurnal menjadi Null dan terdapat Penyesuaian Nilai Persediaan.
Gambar Kronologi Kejadian di TKP:
Jurnal Baru Psedia 15.1.1 :
 














Jurnal Lama Psedia 15.1.0











Hasil Pada Necara BMN 15.1.2
















Catatan Penulis:
1. bagi teman-teman satker yang transaksinya tidak terdapat seperti itu kemungkinan menggunakan update BMN dan Psedia terbaru tidak ada bermasalah kecual untuk belanja modal lainnya yang menghasilkan aset Ekstrakomptabel atau belanja modal peralatan mesin yang menghasilkan aset Ekstrakomptabel apakah masih bermasalah atau tidak, karena versi BMN sebelumnya masih bermasalah.
2. bagi teman-teman satker bisa bantu masalah di atas tolong share.
3. semoga update terbaru nanti bisa mengatasi semua masalah bmn, tak terkecuali masalah dompet kosong.

ARTIKEL TERKAIT:

4 komentar:

Salam kenal...
Kasus yang terjadi terhadap penggunaan update terbaru aplikasi simak & persediaan terbaru sepertinya berbeda-beda pada tiap user. Saya kemarin sudah coba update memang awalnya ada kendala error waktu kirim & terima ke SAIBA..tapi setelah saya ulang-ulang beberapa kali, akhirnya bisa balance tiap akunnya.
Untuk penginputan pembelian aset & KDP kemarin saya sempat coba juga lancar-lancar saja..
Tapi pagi ini ketika saya buka lagi aplikasi SIMAK BMN, entah kenapa semua transaksi yang saya input kemarin berantakan semua, terutama di jumlah unit yang terinput & nomor SP2D. Saya coba lagi update ulang & input ulang, aplikasi malah error..
Sampai dengan comment ini saya tulis saya masih nyoba-nyoba untuk mencari solusi praktisnya gimana, kok beda hari beda perlakuan dari aplikasi ini..

ternyata sama saja masalahnya dengan kami disini.. ketika hendak menginput aset perolehan > pembelian.. ketika sudah di isi trus mau disimpan eror dah

Buat Pemerintah Pusat Yg ngeluarin apps ni,Entah dari Kemenkeu Atau Entah dr mana tolong dunk di coba dl beberapa step by step,.Masa Smua Satker jadi kelinci percobaan sih,.??

saya mau tanya,,, saya mau rekon ke kanwil,,,kemudian dikirim semester 1 sado awal dan semester 2 tapi setelah di ambil datanya ,,,keluar bacaan versi kamu masih lama 30 november 2015,,padahal sudah di update 15.1.3,, bagaimana solusinya<

Poskan Komentar

Komentar Anda